Senin, 19 November 2012

Cara Memotivasi diri sendiri by your self

 Memotivasi diri sendiri

Bagaimana sih cara memotivasi diri? pertanyaan ini juga sering muncul dalam pikiran saya. Dan saya baru saja mendapatkan pencerahan hari ini. Motifator-motifator muda yang saya temui  menyampaikan ilmu yang benar-benar nyata bermanfaat untuk saya. Untuk kita yang sering loyo-loyo dan kurang bersemangat dalam mengerjakan sesautu, keadaan ini terjadi karena kurangnya motivasi.
Motivasi biasanya kita dapatkan dari orang lain (motivator), media elektronik yang menyiarkan film motivasi misalnya, dan media yang lain. Walaupun sudah nonton film motivasi, mendapatkan masukan dari motivator tapi tetap saja diri kita akan merasakan kurang bersemangat lagi setelah jangka waktu tertentu.
Nah.. ini dia masalahnya, kenapa hal ini bisa terjadi? keadaan ini terjadi karena kita hanyak memotivasi diri dari lingkungan luar bukan dari dalam diri kita. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa berakibat menimbulkan motivasi dalam diri kita tanpa bantuan orang lain;
1. Merubah Kebisaan Sehari-hari
Merubah kebiasaan sehari-hari merupakan hal yang cukup menentukan dalam menumbuhkan motivasi dalam diri kita. Karena kita dituntut untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dan jarang kita lakukan, misalnya dalam berpakaian, untuk kita yang biasa berpakaian seadanya saja ketika akan berangkat kerja, kuliah atau sekolah,mulailah dirubah kebiasaan itu menjadi lebih baik, lebih rapih, lebih licin strikaannya, dan lebih bersih (jangan malah menjadi semakin buluk.. he). Dengan begitu tentu aura semangat akan ikut muncul karena pengaruh cerahnya pakaian yang Anda kenakan.
2.Tampil Beda
Usahakan anda tidak monoton dalam berkostum dan berdandan, coba sekali-kali berdandan dengan gaya yang berbeda. Misalnya bagi anda yang rambutnya biasanya di urai, cobalah sesekali rabu anda diikat. Tampil beda buka hanya dalam menghias wajah, banyak hal-hal yang biasa anda lakukan yang bisa anda ubah dengan kebiasaan baru. Anda bisa mencoba jalan lain menuju sekolah/kampus/tempat kerja, bangun tidur lebih awal, dll.
3.Dengarkan lagu-lagu yang memotivasi/nge-Bit/ceria “bukan lagu-lagu melow”
Lagu bisa mempengaruhi emosi kita loh, coba anda amati seseorang atau anda rasakan sendiri, ketika anda mendengarkan lagu yang bersemangat di sebuah minimarket misalnya anda sedang jalan-jalan di minimarket atau mampir disebuah toko asesoris, atau terserahlah mau mampir dimana, nah.. disitu pas lagi diputer lagu-lagu yang bisa memotivasi mood kita misalnya lagu  Jessie J – Price Tag, dampaknya.. tanpa anda sadari anda akan terbawa suana, dan andan bisa sampai  menghentak-hentakan kaki anda, mengikuti irama lagu tersebut.
4.Hindari menonton tayangan Kriminal dan Cengeng
tayangan kriminal akan membuat anda berfikir pesimis dan mengurangi rasa ingin berubah menjadi orang yang lebih optimis. dan tayangan seperti ini akan berdampak buruk terhadap mood anda, Anda akan terngiang-ngiang tidakan yang baru anda jumpai atau fil cengeng yang baru anda tonton. untu menubuhkan motivasi in anda sebaiknya menjauhi dua kategori kegiatan ini.
5.Jiwai Impian Anda

Menjiwai impian adalah hal yang lumayan sulit karena butuh latihan dan waktu untuk menjiwai impian kita. Menjiwai impian merupakan motivasi terbesar bagi saya, karena dengan cara inilah kita akan bersungguh-sungguh belajar (di sekolah maupun di kampus), dan sungguh-sungguh dalam mengerjakan sesuatu. Jika kita tidak bisa menjiwai impian kita, ingat usaha-usaha orang tua kita yang sudah susah payah membiayai kita, mensuport, dan mendoakan kita setiap hari. Usaha mereka akan sia-sia dan mereka jelas kecewa jika anaknya tidak berhasil.




Kesuksesan Sejati adalah keberanian melangkah maju ketika hasilnya belum pasti 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar